Diera pandemi CoVid 19 Sistem Pembelajaran di Teknik Elektro Dilakukan secara Daring

Istilah luring adalah kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline. Kata “luring” merupakan lawan kata dari “daring”. Dengan demikian, pembelajaran luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet. Sistem pembelajaran luring (luar jaringan) artinya pembelajaran dengan memakai media, seperti televisi dan radio. Jika peserta didik menulis artikel atau mengerjakan tugas di Microsoft Word dan tidak menyambungkannya dengan jaringan internet, maka itu adalah contoh aktivitas luring dan Jika siswa melakukan offline conference dengan bertemu secara langsung tanpa menggunakan internet, hal itu adalah contoh aktivitas luring.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa. Dalam sistem pembelajaran ini dilakukan secarai online, yang menggunakan jaringan internet. Dosen memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun mahasiswa berada di rumah masing-masing.

Dalam sistem pembelajaran ini, menggunakan sistem pembelajaran dalam SPADA UPGRIS. Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Universitas PGRI Semarang adalah sistem yang dikembangkan untuk menjawab tantangan teknologi pendidikan di masa mendatang. Dimana perkuliahan dapat dilakukan secara online, atau dalam jaringan. Aktivitas yang dapat dilakukan dalam pembelajaran online diantaranya adalah Video Conference, Forum, Penugasan, Quis atau Ujian, dan Akses materi. Dengan adanya SPADA UPGRIS, diharapkan dapat menjamin terselenggaranya pembelajaran yang bermutu dan memenuhi kebutuhan standar kompetensi.

Sistem pembelajaran daring di teknik elektro dilakukan pada era pandemi CoVid 19

Selama pelaksanaan model daring, peserta didik memiliki keleluasaan waktu untuk belajar.  Peserta didik dapat belajar kapan pun dan di mana pun, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Peserta didik juga dapat berinteraksi dengan dosen pada waktu yang bersamaan, seperti menggunakan video call atau live chat. Pembelajaran daring dapat disediakan secara elektronik menggunakan vidiocall atau message.

Dosen elektro melakukan remidi kalkulus, dengan sistem daring

Belajar secara daring tentu memiliki tantangannya sendiri. Siswa tidak hanya membutuhkan suasana di rumah yang mendukung untuk belajar, tetapi juga koneksi internet yang memadai. Namun, proses pembelajaran yang efektif juga tak kalah penting. Berikut ini tips agar siswa dapat bejalar daring dengan efektif:

  1. Komunikasi antar tenaga pengajar dan siswa harus berjalan dengan baik pada saat melakukan video call. 
  2. Aktif dalam berdiskusi baik dengan tenaga pengajar atau teman-teman. 
  3. Managemen waktu bagi para siswa sangat penting. Meski belajar di rumah, pastikan siswa membuat catatan mana saja tugas yang sudah dikerjakan, dan mana tugas yang harus segera kamu selesaikan. 
  4. Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan orang lain, termasuk anggota keluarga di rumah, serta teman-teman sekelas di luar sesi video call untuk mengasah kemampuan bersosialisasi. 

Sistem pembelajaran daring dan luring mau tidak mau harus tetap dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Sebab, tidak mungkin peserta didik dibiarkan libur panjang hingga virus corona pergi. Dan kita tidak tau kapan virus corona ini hilang dari permukaan bumi.  Kesulitan diatas harus segera dicarikan solusinya agar mutu pendidikan tidak menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *